Minggu, 22 April 2012

MANFAAT BUAH DUREN


Sapa yang gak kenal dengan buah yang satu ini,,, rata - rata masyarakat indonesia pasti kenal dengan yang namanya buah "DURIAN" ini, dan kebanyakan masyarakat indonesia menyukai durian yang biasa mereka makan dengan nasi ketan, lemang ataupun makan buah nya aja,,,

Ngomong ngomong neh yah guys, DURIAN denger dengernya neh berasal dari bahasa melayu yaitu kata "DURI" dan akhiran "AN" dan buah dirian sendiri berasal dari hutan malaysia, sumatra , kalimantan dan biasanya orang jambi menyebutnya dengan namamungkin n "DUREN". Saya paling senang banget dengan yang namanya "DUREN" ini, mungkin saya bisa menghabiskan 10 - 15 biji hanya dalam sekali duduk,, tapi udah itu mulai pusing deh,, karena sebenarnya kita gak boleh makan banyak banyak buah duren ini ntar kita bisa mabuk , itu seh yang ku dengar dari temen temen ku.

Nah temen temen ku,.... tau kah kalian bahwa sebenarnya durian juga mengandung fosfor dan zat besi yang 10 kali lebih banyak dari buah pisang (mas, ambon, dan beranga). Tapi karena kandungan mineralnya yang tinggi, terutama kalsium dan zat besi, durian dapat menjadi penyebab masalah pada pergerakan usus besar. Bagi yang memiliki riwayat darah tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah ini bersama dengan alkohol karena dapat menyebabkan stroke. Selain itu, disarankan untuk banyak minum air putih sebelum dan sesudah makan durian untuk menghindari dehidrasi.



\

Kalo di daerah jambi, durian yang terkenal enak dan manis adalah durian dari daerah KUMPE atau orang jambi biasanya menyebutnya "DUREN KUMPE" . Kisaran harga nya pun berpariasi , kalian cukup mengeluarkan uang 5.000an untuk ukuran small, 10.000an untuk ukuran menengah dan 15.000-20.000 an untuk ukuran besar, tapi neh temen - temen kalo kamu beli durian lansung ke kebun durennya, maka kalian akan diberi harga yang jauh lebih murah lagi .Kalian hanya cukup mengeluarkan uang 2.500san untuk ukuran kecil, 5.000 an untuk ukuran menengah dan 8000 an untuk ukuran yang besar, dan yang lebih menyenangkannya lagi adalah, sebanyak apapun kamu makan duren di kebun itu, kalian akan dikasih free alias gratis alias gak bayar. nah ,, saya paling senang kalo beli duren, lansung ke kebunnya, lebih puas selain itu terkadang suka yang gratisan hehehehehe ee..... palingan yang dibawa pulang cuman buat orang rumah.

Tapi tetap aja ada beberapa orang yang gak suka dengan buah yang satu ini, terutama karena baunya yang sangat menyengat ke  hidung . Kebalikan dari fakta di indonesia, perlu diketahui kebanyakan dari bule - bule yang kerap dibilang orang - orang "tourists", mereka kebanyakan gak suka dengan buah duren ini, kata mereka seh karena baunya yang sangat menyengat ke hidung dan bau busuk itu sangat membuat mereka mual bahkan kepengen muntah ..iiieeuuuhhh kamseupai hahahhahahhahah dan susah banget bagaat, i mereka untuk menghabiskan sebiji duren,, pertama - tama seh , saya gak percaya kalo bule - bule itu gak suka n benci banget dengan yang namanya duren,, dan pada suatu saat , saya kedatangan tamu dari Tennese, United State, yang merupakan teman dari teman saya, dan saya pun mulai beraksi dengan menyuruh mereka untuk memakan buah duren , dan kalian tau apa yang terjadi dengan mereka,, mereka mual ketika dibawa ke tempat penjualan duren dan ketika saya membuka duren itu buat mereka, mereka mulai menampakkan raut tidak enak alias mual pengen muntah,,, lihat ekspresi mereka berikut ini:






hahhahahahhaahaaa ada ada ajah mereka,, kok makan duren ajah ampe mau muntah gitu,, selaen itu karena saya orangnya usil, sya menganjurkan mereka buat minum bandrek,, ghmmmmm sapa suruh datang ke jambi n ketemu saayaa hahahhahahah tak papa... anyway tempat saya dan temen - temen saya minum bandrek ydengan bule bule itu berada di dekat tugu juang daerah sipin...

hmmm sekianlah cerita saya mengenai buah duren yang masuk dalam daftar buah favorite saya... semoga membantu dan menghibur para pembaca semuanya

salam manis saya
pebrina pirmani ;)







6 komentar:

  1. salam manis kembali nona,
    makan duren dak ajak2...

    maen2 ke blog kami lah, ado perkedel tu nah,
    hahaha...

    jangan lupa dikomen juga, ahahahy...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm,,iyah am... thanks dah komen,,
      laen kali kami ajak lah law mau makan duren,, tapi bukannya loh gak suka duren,,,
      ntar kami ke blog pergedel,,, hmm anyway sedih ,,pergedelnya gak bagi buat kami ;(

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Niat komen posting di atas posting nni tapi takut kelamaan :D buka kamus dulu :p
    Duren yg paling enak di jambi tu duren GRATIS *eh
    follow blog awanbiru13 jg y peb ;)

    BalasHapus
  4. hahahahahhaah betul nian sar,,,yang gratisan tu emang lebih enak,, gak duren ajh,, tapi semua yang gratisn bakalan enak...:)
    "
    hmm udah kami follow sar,, srering - sering berkunjung ke blog kami ya sar komen komen :)
    anyway,, sar tau gak temen - temen kita yang punya blog.. temen temen man or mts gitu? law tau tolong kirimin alamatnya ya SAR?

    thanks
    sweet regard from me
    pebrinapirmani.blogspot.com

    BalasHapus
  5. hahahahahhaah betul nian sar,,,yang gratisan tu emang lebih enak,, gak duren ajh,, tapi semua yang gratisn bakalan enak...:)
    "
    hmm udah kami follow sar,, srering - sering berkunjung ke blog kami ya sar komen komen :)
    anyway,, sar tau gak temen - temen kita yang punya blog.. temen temen man or mts gitu? law tau tolong kirimin alamatnya ya SAR?

    thanks
    sweet regard from me
    pebrinapirmani.blogspot.com

    BalasHapus