Sabtu, 28 April 2012

Tips mengajar yang baik

enaknya "MENGAJAR"

Hm,,, Nama Lengkap gue Pebrina Pirmani, selaen sebagai mahasiswa UNJA (Universitas Jambi) semester enam , gue juga mengajar di dua lembaga kursus dan bimbel yang berada di kota JAmbi dimana saya tinggal. Dulu saya tidak terlalu tertarik menjadi seorang guru , tapi menjelang besar, karena keahlian bahasa inggris yang alhamdulilah saya miliki sekarang, ternyata saya dipanggil oleh lembaga istitusi dan menawarkan saya mengajar disana.

Pertama - tama, gue sangat nervous buat ngadapin murid dengan bentuk , karakter dan background yang berbeda - beda, tapi hal itu ternyata tidak sama sekali terjadi pada diri saya sekarang. saya malah sangat menikmati berada sekeliling siswa siswi saya terutama ketika mendengarkan mereka curhat tentang masalah pribadi mereka, seakan akan mereka percaya kepadaku lebih dari kedua orang tua mereka..
Tapi tetap ajah, kita kudu hati - hati kepada siswa - siswi kita,jangan biarkan mereka melakukan hal yang tidak diinginkan or berlebihan kepada kita, karena kata dosen gue "MAM UNA" or mam "Fortuna Sari" , guru berada satu level di atas siswanya.

Hmm okay, selesai dengan basa -nasinya, jadi lansung ajah neh ke inti pointnya , menurut beberapa pengalaman pribadi yang saya alami dari sejak SMA ampe sekarang semester 6 dalam mengajar mulai dari ngajar privat sampe di lembaga institusi swasta, mulai dari ngajar anak orang yang gak punya dengan bayaran yang kecil sampe orang berada dengan bayaran yang lumayan, saya akan mencoba membuat tips mengajar yang baik buat kalian semua,,, smoga ini dapat bermanfaat :
  • Sebelum mengajar lebih baik melakukan persiapan or penguasaan materi ajaran agar pertanyaan - pertanyaan yang tak terduga yang mungkin muncul saat kita mengajar dapat diatasi dengan baik dan benar serta memuaskan murid kita.Ini sangat penting banget buat menumbuhkan kepuasan antara kita dan murid kita...
  • Kalo kalian udah penuh dengan persiapan, langkah kedua yang kudu dilakukan adalah jangan lupa untuk melakukan pendekatan terhadap siswa kita, jangan terlalu membuat jarak antara kita dan murid, buatlah siswa merasa nyaman ketika kita mengajar maupun tidak mengajar. hal ini bisa kalian lakukan hanya dengan menanyakan kondisi siwa, kehiatan siswa di sekolah atau dengan menanyakan perkembangan sekolah atau mungkin masalah pribadi,, sehinbgga siswa merasa percaya terhadap kita dann menjadikan kita sebagai teman curhatnya
  • Ketika mengajar, cobalah untuk tidak monoton. Hal ini maksudnya adalah, kalian harus menyusun materi yang kalian ajarkan dengan sekreatif mungkin, bisa saja dengan menggunakan media seperti infokus, additional paper, or etc. dan jangan hanya kalian saja yang menjelaskan tentang pelajaran tersebut, tapi cobalah untuk melakukan interaksi antara anda sebagai gurunya dan siswa anda dalam aktivitas belajar mengajar , hal ini dimaksudkan agar siswa tidak merasa boring dengan bahan ajaran yang anda berikan atau yang anda terangkan
  • Kemudian, jangan hanya sekedar mengajar dan menjelaskan saja, ketika memberi latihan, buatlah aktivitas latihan tersebut dengan semenarik mungkin, misalnya dengan mengadakan game -game menarik terkait dengan materi ajaran yang dapat kalian create sand design sendiri or di ambil dari permainan - permainan yang sudah ada 
  • Setelah tujuan pembelajaran selesai disampaikan secara keseluruhan, jangan lupa untuk merangkum materi ajaran secara general, kegiatan ini dilakukan bersama dengab siswa, bertujuan untuk melihat sejauh mana siswa telah mengerti tentang materi pelajaran tersebut
  • Kalian bisa memberikan pekerjaan rumah terhadap siswa, agar mereka dapat belajar tentang materi yang di ajarkan
  • Jangan lupa untuk sekedar mengucapkan salam perpisahan sebelum keluar dari kelas,, hal ini merupakan salah satu pendekatan kita terhadap murid kita
  • selesai
  •  
    nah itulah cara - cara yang bisa pebri anjurin buat kalain semua jika kalian ingin mengajar,,, jika kalian mengalami kendala dalam mengajar, cobalah untuk menyelesaikan nya dengan kreatif,,, jika kalian punya pertanyaan tentang craa mengajar yang baik, lansung ajah,, comment di bawah artikel ini
    selamat mencoba,,, semoga sukses

2 komentar:

  1. bisa tu buad referensi kalo ngajar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha... iya sar,,, hmm thanks udah dijadikan referensi,,
      bisa di tanya apa aja keluhan mengajar,,, kami akann sebisa mungkin menjawab berdasarkan ilmu dan pengalaman yang kami punya :)

      Hapus